Jumat, 28 Oktober 2016

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PEMBANGUNAN RUMAH PRODUKSI SABUN SUSU TAHAP KE-2 KELOMPOK MELEK AKSARA – SENTRA SUSU CIPAGERAN



LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PEMBANGUNAN RUMAH PRODUKSI SABUN SUSU TAHAP KE-2
KELOMPOK MELEK AKSARA – SENTRA SUSU CIPAGERAN

A.    Pendahuluan
Alhamdulillahirabbil’alamiin segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan Rahmat dan HidayahNya kepada kita semua. Sholawat dan salam tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. sebagai suri tauladan bagi umat seluruh alam.
Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik merupakan salah satu misi dari pemerintahan Presiden Jokowi yang termuat dalam program nawacita. Seiring dengan hal tersebut banyak perusahaan baik swasta maupun pemerintah yang tentunya menggulirkan bantuan dana CSR (Corporate Social Responsibilty) kepada masyarakat salah satunya bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Bank Bjb (Bank Jabar Banten) misalnya, merupakan salah satu lembaga yang memiliki dana CSR sebagai suatu keputusan strategis Bank yang bertanggungjawab atas dampak dari kegiatan bisnis yang dilakukan. Bank Bjb ini dalam rangka untuk berkontribusi pada pencapaian keadilan sosial dalam masyarakat tepatnya di wilayah Kp. Cileuweung Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi ini melalui Kelompok Melek Aksara – Sabun Susu Cipageran Geulis ini telah menggulirkan bantuan dana CSR dengan besaran total Rp. 123.704.000,-
Bantuan tersebut tentunya tidak serta merta dapat kami terima begitu saja, melalui berbagai proses yang panjang dan pendampingan yang intensif serta perhatian penuh dari berbagai pihak seperti Bank Bjb, SMD WP (Sarjana Membangun Desa Wirausaha Pendamping),  STIE Ekuitas, PKBM Bina Mandiri Cipageran, Bappeda Kota Cimahi, Kelurahan Cipageran, dan pihak-pihak lainnya serta masyarakat sekitar Kp. Cileuweung Cipageran hingga akhirnya kelompok Melek Aksara ini mendapatkan bantuan dana untuk pembangunan rumah produksi Sabun Susu Cipageran Geulis. Untuk itu kami sampaikan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan ini.
Sebagai bentuk tanggung jawab dan bukti bahwa kami telah menjalankan amanah yang telah dipercayakan, maka dengan ini kami sampaikan laporan pertanggungjawaban pembangunan rumah produksi sabun susu tahap ke-2. Laporan ini kami susun sebagai acuan untuk pemberian dana CSR bagi kelompok lain di masa yang akan datang bilamana di perlukan. Mohon maaf apabila dalam laporan ini masih banyak kekurangan. Tentunya apa yang telah kami kerjakan adalah semata-mata hanya beribadah kepadaNya. Aamiin.. Ya Robbal’alamiin.

B.    Maksud dan Tujuan Laporan
1.     Sebagai bukti bahwa kami telah menjalankan amanah untuk mengalokasikan dana CSR dari bank Bjb.
2.     Sebagai sarana informasi kepada pihak-pihak yang terkait, terutama pihak lembaga yang telah memberikan banyak dukungan berupa materil maupun moril.
3.     Sebagai bahan evaluasi bagi para pelaksana kegiatan demi kemajuan bersama.
4.     Sebagai bahan analisa, sehingga segala kekurangan yang ada pada penyelenggaraan kegiatan ini dapat diperbaiki dan tidak terulang kembali.
5.     Sebagai sumber pembanding untuk kegiatan pembangunan atau pemberian bantuan dana yang akan datang.
6.     Sebagai media informasi secara eksplisit yang bersifat transparansi dari Kelompok Melek Aksara – Sentra Susu Cipageran.

C.   Jenis Kegiatan
Kegiatan ini di tahap ke-2 ini berupa pembangunan Rumah Produksi Sabun Susu Cipageran Geulis oleh kelompok melek aksara, dengan rincian pekerjaan sebagai berikut:
1.     Pekerjaan atap
2.     Lanjutan pekerjaan dinding
3.     Pekerjaan lantai
4.     Pekerjaan plafon
5.     Pemasangan instalasi listrik
6.     Pembelian peralatan.


D.   Waktu dan Lokasi Pelaksanaan Pembangunan
Adapun waktu dan lokasi pembangunan Rumah Produksi Sabun Susu Cipageran Geulis ini adalah :
Waktu            :           Bulan Juli 2016 s/d September 2016.
Lokasi :          Jl. Karya Bakti RT 02/19 Kp. Cileuweung Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi – Jawa Barat.

E.    Hasil Pengerjaan
Hasil pengerjaan yakni berupa bangunan Rumah Produksi Sabun Susu Cipageran Geulis ini telah kami dokumentasikan berupa gambar foto yang terlampir pada lampiran laporan pertanggungjawaban ini berupa foto-foto pekerjaan atap, lanjutan pekerjaan dinding, pekerjaan lantai, pekerjaan plafon, pemasangan instalasi listrik dan pembelian peralatan.

F.    Evaluasi Kegiatan
1.     Dampak Positif
a.     Meningkatnya eksistensi kelurahan Cipageran Cimahi khususnya Kampung Cileuweung sebagai sentra susu di wilayah Cimahi dan Jawa Barat;
b.     Mempermudah proses produksi sabun susu cipageran ini karena telah memiliki rumah produksi lengkap dengan ruangan-ruangan yang dibutuhkan serta peralatan yang mendukung;
c.      Mempermudah pengelola dalam mengajukan ijin dari Depkes dan BPPOM.

2.     Hambatan
Adapun hambatan selama proses pembangunan rumah produksi sabun susu ini adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola dana bantuan CSR ini, sehingga ada anggaran yang belum terserap secara optimal namun ada juga anggaran yang terserap secara berlebih.

3.     Rekomendasi
a.     Adanya pembinaan secara berkelanjutan dari berbagai pihak bagi kelompok Melek Aksara ini;
b.     Adanya pendampingan dan bimbingan untuk inovasi produk sabun demi kelangsungan produksi sabun dimasa yang akan datang sehingga mampu bersaing secara global;
c.      Tersedianya pangsa pasar yang lebih luas untuk pemasaran produk sabun Cipageran sehingga produk ini mampu menembus pasar internasional.

G.  Rincian Biaya/Laporan Keuangan
(terlampir)

H.   Penutup
Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami buat sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap semua pihak terutama Bank Bjb yang telah memberikan dukungan dana bagi terwujudnya cita-cita pembangunan Rumah Produksi Sabun Susu Cipageran. Semoga kedepannya kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dalam rangka memajukan potensi ekonomi lokal di wilayah pedesaan.
Kami menyadari akan berbagai keterbatasan dan kekurangan kami selama ini, untuk itu kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Atas seluruh dukungan baik moril maupun materiil yang selama ini diberikan, kami masyarakat Kp. Cileuweung Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi mengucapkan penghargaan dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar Bank Bjb.

Cimahi,  September 2016
Ketua Kelompok Melek Aksara



Tarmilah

Author : ATTIKE KUSMIYATI

Tidak ada komentar: