Senin, 04 April 2016

PROPOSAL PROGRAM PARENTING



DESAIN PENYELENGGARAAN PROGRAM PARENTING
“Parents Gathering To Make Chocolate Creations”
DI PAUD BINA MANDIRI CIPAGERAN.


A.    Latar Belakang
Pendidikan nonformal yang termaktub dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan nasional menyebutkan bahwa Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional. Salah satu jenis program pendidikan yang diselenggarakan dalam pendidikan nonformal adalah pendidikan anak usia dini (PAUD).
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Pemberian rangsangan pendidikan pada anak usia dini tidak hanya membutuhkan peran tutor saja, akan tetapi peran orang tua dalam keluarga juga sangat dibutuhkan demi mencapai tumbuh kembang anak yang optimal, salah satunya adalah kegiatan parenting.
Parenting merupakan upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak mereka yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut: memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guiding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh dan berkembang.
Di PAUD Bina Mandiri Cipageran sendiri telah memiliki jadwal rutin untuk pelaksanaan kegiatan parenting yakni setiap satu bulan sekali. Kegiatan parenting ini juga dimanfaatkan sebagai wadah komunikasi antar orang tua, disamping untuk memberikan sosialisasi terhadap program-program yang diselenggarakan oleh PAUD Bina Mandiri Cipageran. Pada saat ini pengelola PAUD bersama mahasiswa praktikan PLS UPI akan mengadakan kegiatan parenting kembali dengan tema Parents Gathering To Make Chocolate Creations. Tidak seperti kegiatan parenting biasanya, kali ini selain membahas tentang asupan gizi seimbang pada anak usia dini, akan diisi pula dengan kegiatan membuat kreasi cokelat.
Seperti yang kita ketahui bahwa cokelat merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh anak-anak. Selain rasanya yang manis, cokelat juga kaya akan polyphenols, antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal-radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit. Cokelat hitam juga mampu mengaktifkan zat kimia otak pembangkit semangat serotonin untuk mencegah depresi dan anxiety yang bagus dalam masa tumbuh kembang anak. Manfaat lainnya yaitu mengobati batuk karena pada cokelat terdapat kandungan Zat alkaloid Theobromin yang dapat berfungsi meredakan batuk. Asam oleat dalam cokelat membantu menurunkan resiko peningkatan kolesterol di dalam darah.
Selain mempunyai manfaat seperti yang sudah dijelaskan juga mempunyai fungsi lain yaitu diantaranya yaitu Menghentikan diare. Menurut Penelitian para ahli di Jerman, menemukan bahwa salah satu senyawa dalam biji cokelat, yakni flavonoid, dapat menghambat sejenis protein dalam usus yang mengatur pengeluaran cairan di usus halus. Jadi mulai saat ini bagi orang tua sebaiknya mulai memperhatikan dampak positif mengkonsumsi cokelat bagi anak, dalam artian sesekali memberi asupan cokelat terhadap anak-anak. Tetapi meski demikian sebaiknya jangan berlebihan dalam memberi asupan cokelat, karena yang timbul malah sebaliknya, berilah secukupnya dan sesuai takaran anak kecil.
Berbagai macam bentuk inovasi jenis makanan cokelat tentu dapat dengan mudah kita jumpai di supermaket, pasar, bahkan warung-warung kecil di sekitar kita. Akan tetap, jaminan atau kualitas yang terkandung dalam cokelat yang sering kita beli belum tentu baik untuk asupan gizi anak-anak. Oleh karena itu, alangkah lebih bijaknya jika para orang tua mampu membuat kresi sendiri cokelat untuk makanan bagi anak-anak mereka dengan tetap memperhatikan asupan gizi yang seimbang. Sehingga harapannya setelah kegiatan parenting ini selesai, para orang tua akan lebih memahami bagaimana asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak mereka, dan menambah wawasan baru tentang cara membuat kreasi unik makanan bergizi dari bahan dasar cokelat yang tentunya banyak disukai anak-anak.

B.    Nama Kegiatan
Kegiatan parenting ini bernama Parents Gathering To Make Chocolate Creations.

C.   Tujuan
Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan parenting ini secara umum adalah untuk mengajak para orang tua bersama-sama memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka yang tentunya saat ini sedang dalam masa golden age (masa keemasan). Sedangkan secara khusus tujuan kegiatan parenting ini diantaranya untuk :
1.     Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik.
2.     Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak lembaga PAUD guna mensikronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga.
3.     Menambah pengalaman baru bagi para orang tua dalam membuat kreasi makanan bergizi berbahan dasar cokelat.

D.   Penyelenggara Kegiatan
Kegiatan parenting ini diselenggarakan oleh pengelola PAUD Bina Mandiri Cipageran bersama Mahasiswa PPL PLS UPI 2012 yang sedang praktek PPL di PKBM Bina Mandiri Cipageran.

E.     Sasaran
Sasaran dalam kegiatan parenting ini adalah Ibu-Ibu atau wali murid dari peserta didik PAUD Bina Mandiri Cipageran dan tutor serta pengelola PAUD Bina Mandiri Cipageran, Cimahi. Adapun target peserta kegiatan parenting ini berjumlah 25 orang.

F.    Waktu & Tempat
Kegiatan parenting ini insya Allah akan dilaksanakan pada :
       hari                 : Jumat
       tanggal           : 01 April 2016
       waktu              : 10.30 WIB s.d 12.00 WIB
      tempat             : PKBM Bina Mandiri Cipageran,
      ( Jl. Kolonel Masturi KM. 3 Kp. Cimenteng, RT/RW 01/11, Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utawa, Kota Cimahi 40512)

G.  Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk Sosialisasi pentingnya makanan bergizi seimbang dan demonstrasi pembuatan kreasi cokelat. Sosialisasi merupakan kegiatan menyampaikan informasi dari narasumber kepada peserta kegiatan secara langsung dengan adanya hubungan timbal balik diantara keduanya sehingga menumbuhkan pengetahuan tentang suatu hal, sedangkan demonstrasi merupakan cara memperagakan atau mempraktekan sesuatu hal yang pelakasanaannya diawali oleh peragaan sumber belajar kemudian diikuti oleh warga belajar. Hal yang diperagakan adalah kegiatan yang sebenarnya yaitu membuat kreasi makanan bergizi berbahan dasar cokelat.


H.   Langkah-Langkah Kegiatan
Adapun langkah kegiatan parenting ini secara garis besarnya terdapat lima tahap yakni; tahap persiapan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap tindak lanjut. Adapaun masing-masing tahap memiliki rangkaian kegiatan diantaranya sebagai berikut :
1.     Tahap persiapan
a.   Menyusun proposal penyelenggaraan program
b.   Menyusun silabus dan RPP program
c.    Membuat surat-surat yang diperluakan
d.   Membuat anggaran keuangan secara keseluruhan.
2.     Tahap pengorganisasian
a.     Berkonsultasi dengan pengelola PAUD
b.     Mempublikasikan kegiatan kepada peserta melalui surat
c.      Menghubungi pihak-pihak terkait
d.     Mempersiapkan tempat dan peralatan yang dibutuhkan
e.     Mempersiapkan kebutuhan kegiatan sosialisasi dan demonstrasi.
3.     Tahap pelaksaan
a.   Menyelenggarakan kegiatan parenting
b.   Mengkoordinir acara secara keseluruhan
c.    Menyediakan daftar hadir
d.   Mendokumentasikan seluruh moment kegiatan.
4.     Tahap evaluasi
a.   Membuat skala ketercapaian kegiatan
b.   Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan.
5.     Tahap tindak lanjut
Mendampingi ibu-ibu PAUD dalam memproduksi kreasi cokelat khususnya untuk konsumsi pribadi dan umumnya untuk dijual ke masyarakat luas sehingga ibu-ibu tersebut memperoleh tambahan penghasilan.




I.      Materi dan Narasumber
No.
Materi Pokok
Narasumber
1.
Sosialisasi Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang Bagi Anak Usia Dini
Hilda Nurbaeni
2.
Demonstrasi Pembuatan Kreasi Cokelat
Attike Kusmiyati

J.       Susunan Acara
Waktu
Durasi
Kegiatan
Pengisi
10.30-10.35
5”
Registrasi Peserta
Sekretaris
10.35-10.40
5”
Pembukaan
MC
10.40-10.45
5”
Perkenalan Mahasiswa PPL
MC
10.45-10.50
5”
Sambutan pengelola PAUD Bina Mandiri Cipageran
Bu Devi
10.50-11.50
60”
Pematerian:
·   Sosialisasi Pentingnya Makanan Bergizi Seimbang
·   Demonstrasi Pembuatan Kreasi Cokelat
Narasumber
11.50-11.55
5”
Penutupan
MC
12.00

Foto bersama
Bersama


K.   Biaya
No
Keterangan
Volume (n)
Harga satuan
Nilai
Jumlah
1.
Cetakan cokelat
4 buah
Rp.  7.500,-
4 x Rp. 7.500,-
Rp.  30,000,-
2.
Cokelat batangan
6 btg
Rp. 12.500,-
6 x Rp. 12.500,-
Rp.  75.000,-
3.
Modul resep
20 lbr
Rp. 500,-
20 x Rp. 500,-
Rp.  10.000,-
Total Jumlah
Rp. 115.000,-


SILABUS PENDIDIKAN NON FORMAL
PROGRAM PARENTING “Parents Gathering To Make Chocolate Creations”

Nama Lembaga                 : PKBM Bina Mandiri Cipageran
Program                              : PAUD
Subprogram                       : Parenting
Tema                                    : “Parents Gathering To Make Chocolate Creations”
Standar Kompetensi        : Mampu mengajak para orang tua bersama-sama memberikan yang terbaik bagi anak
Kompetensi Dasar           : 1. Mendeskripsikan pentingnya makanan bergizi seimbang bagi anak
                                                   2. Mendemonstrasikan pembuatan kreasi cokelat.
Alokasi Waktu                            : 2 x 30 menit.






No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Media  Belajar
1.
Mendeskripsikan pentingnya makanan bergizi seimbang bagi anak
a.     Peserta mengetahui tentang asupan gizi anak
b.     Peserta mengetahui ketepatan pada gizi seimbang
c.      Peserta mengetahui kelompok makanan dalam gizi seimbang
a.     Peserta mengetahui kebutuhan gizi pada balita
d.     Peserta mengetahui komposisi cokelat sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.
Pentingnya makanan bergizi seimbang bagi anak
b.     Narasumber meminta pendapat kepada peserta tentang gizi seimbang bagi anak
c.      Narasumber meminta pendapat kepada peserta tentang perbedaan konsep 4 sehat 5 sempurna dengan konsep gizi seimbang
d.     Narasumber menjelaskan tentang anak balita
e.     Narasumber menjelaskan tentang asupan gizi anak
f.       Narasumber menjelaskan ketepatan pada gizi seimbang
g.     Narasumber menjelaskan tentang kelompok makanan dalam gizi seimbang
h.     Narasumber menjelaskan tentang kebutuhan gizi pada balita
i.       Narasumber menjelaskan tentang komposisi cokelat sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak
j.       Tanya jawab / sharing-sharing antara narasumber dengan peserta.
Non tes
-
Observasi

Keaktifan atau antusiasm peserta selama kegiatan berlangsung.

30 menit
Power point
2.
Mendemonstrasikan pembuatan kreasi cokelat
a.     Peserta mengetahui alat-alat dalam pembuatan kreasi cokelat
b.     Peserta mengetahui bahan-bahan dalam pembuatan kreasi cokelat
c.      Peserta mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan kreasi cokelat serta turut andil dalam praktek pembuatannya.
Membuat kreasi cokelat;
Alat
Bahan
Langkah-langkah.
a.     Narasumber meminta pendapat kepada peserta tentang kreasi cokelat yang biasa dimakan anak-anak
d.     Narasumber menjelaskan alat-alat dalam pembuatan kreasi cokelat
e.     Narasumber menjelaskan bahan-bahan dalam pembuatan kreasi cokelat
f.       Narasumber menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan kreasi cokelat
g.     Narasumber mempersilakan peserta untuk turut andil dalam praktek membuat aneka kreasi cokelat
h.     Narasumber mempersilakan peserta untuk bertanya dan berdiskusi bersama.
Non tes
-
Observasi

Keaktifan atau antusiasm peserta selama kegiatan berlangsung.

30 menit
Power point.
Alat dan bahan pembuatan kreasi cokelat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Lembaga                 : PKBM Bina Mandiri Cipageran
Program                              : PAUD
Subprogram                       : Parenting
Tema                                    : “Parents Gathering To Make Chocolate Creations”
Standar Kompetensi        : Mampu mengajak para orang tua bersama-sama memberikan yang terbaik bagi anak
Kompetensi Dasar           : 1. Mendeskripsikan pentingnya makanan bergizi seimbang bagi anak.
Alokasi Waktu                             : 30 menit.

A.    Tujuan Pembelajaran
1.     Peserta mengetahui tentang asupan gizi anak
2.     Peserta mengetahui ketepatan pada gizi seimbang
3.     Peserta mengetahui kelompok makanan dalam gizi seimbang
4.     Peserta mengetahui komposisi cokelat sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.
B.    Materi Pembelajaran
Materi pokok pada pembelajaran program parenting ini adalah pentingnya makanan bergizi seimbang bagi anak usia dini, dengan uraian materi :
1.     Subjek anak balita
2.     Asupan gizi balita
3.     Ketepatan pada gizi seimbang
4.     Kelompok makanan dalam gizi seimbang
5.     Kebutuhan gizi pada balita
6.     Komposisi cokelat sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

C.   Metode Pembelajaran
1.     Curah Pendapat (Brainstorming)
2.     Ceramah
3.     Diskusi - tanya jawab

D.   Langkah-Langkah Pembelajaran
1.     Kegiatan awal
a.     Narasumber meminta pendapat kepada peserta tentang gizi seimbang bagi anak
b.     Narasumber meminta pendapat kepada peserta tentang perbedaan konsep 4 sehat 5 sempurna dengan konsep gizi seimbang
2.     Kegiatan inti
a.     Narasumber menjelaskan tentang anak balita
b.     Narasumber menjelaskan tentang asupan gizi anak
c.      Narasumber menjelaskan ketepatan pada gizi seimbang
d.     Narasumber menjelaskan tentang kelompok makanan dalam gizi seimbang
e.     Narasumber menjelaskan tentang komposisi cokelat sebagai salah satu makanan yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak
3.     Kegiatan penutup
a.     Tanya jawab / sharing-sharing antara narasumber dengan peserta.
b.     Peserta bersama narasumber membuat kesimpulan hasil pembelajaran.

E.    Sumber belajar
Sumber belajarnya yaitu  berupa Power point.

F.    Penilaian
1.     Teknik penilaian           : Tes
2.     Instrumen penilaian     : Tes lisan
3.     Pertanyaan                     : Asupan gizi apa saja yang harus diberikan kepada anak?

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Lembaga                 : PKBM Bina Mandiri Cipageran
Program                              : PAUD
Subprogram                       : Parenting
Tema                                    : “Parents Gathering To Make Chocolate Creations”
Standar Kompetensi        : Mampu mengajak para orang tua bersama-sama memberikan yang terbaik bagi anak
Kompetensi Dasar           : 2. Mendemonstrasikan pembuatan kreasi cokelat.
Alokasi Waktu                             : 30 menit.

G.  Tujuan Pembelajaran
1.     Peserta mengetahui alat-alat dalam pembuatan kreasi cokelat
2.     Peserta mengetahui bahan-bahan dalam pembuatan kreasi cokelat
3.     Peserta mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan kreasi cokelat serta turut andil  dalam praktek pembuatannya.
H.   Materi Pembelajaran
1.     Alat-alat dalam pembuatan kreasi cokelat, yakni :
³     Kompor
³     Wajan / Panci sedang
³     Panci stainless ukuran kecil
³     Pisau
³     Talenan
³     Sinduk
³     Sodet
³     Gelas
³     Plastik
³     Karet gelang
³     Gunting
³     Cetakan cokelat
³     Lemari es.

2.     Bahan-bahan dalam pembuatan kreasi cokelat, yakni :
³     Cokelat batangan aneka rasa
³     Topping seperti seres, trinite, kacang dll
³     Air mentah.

3.     Langkah-langkah dalam pembuatan kreasi cokelat, yakni :
³     Potong kecil-kecil cokelat batangan diatas talenan lalu masukkan potongan cokelat kedalam panci stainless
³     Panaskan air dalam wajan diatas api sedang
³     Setelah air panas, tim cokelat dalam panci diatas air panas
³     Aduk-aduk hingga cokelat mencair sempurna
³     Simpan plastik segitiga di dalam gelas untuk mempermudah proses penuangan cokelat cair
³     Tuangkan cokelat cair kedalam plastik segitiga yang ada di gelas tersebut lalu ikat menggunakan karet gelang
³     Potong ujung plastik menggunakan gunting/pisau
³     Tuangkan cokelat kedalam cetakan
³     Masukkan topping seperti seres, trinite, kacang dll sesuai selera.
³     Diamkan cokelat di dalam lemari es selama beberapa hingga beku
³     Keluarkan cokelat dari dalam cetakan dengan mengetuk-ngetuk bagian belakang cetakan lalu kreasi cokelat siap dihidangkan.

I.      Metode Pembelajaran
1.     Curah Pendapat (Brainstorming)
2.     Ceramah
3.     Demonstrasi
4.     Diskusi - tanya jawab


J.      Langkah-Langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
1.
Awal:
³        Narasumber menjelaskan bahwa dirinya dalam hal ini bukanlah orang yang ahli dalam bidang catering, akan tetepi kita disini belajar bersama-sama tidak ada yang lebih pandai dan tidak ada yang lebih buruk, belajar tidak hanya anak kecil saja tapi orang tua juga perlu belajar dimanapun itu dengan siapapun itu dan kapanpun harus selalu mengingatkan pentingnya belajar sepanjang hayat.
³        Narasumber menjelaskan alasan kenapa demonstrasi kali ini tentang kreasi cokelat.
³        Narasumber menanyakan kepada peserta apakah sudah ada yang mengetahui atau sudah pernah membuat kreasi cokelat sebelumnya?, jika sudah alangkah lebih baiknya jika peserta tersebut juga menjadi informan yang membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada peserta lainnya.
5 menit
2.
Inti:
³         Narasumber meminta pendapat kepada peserta tentang kreasi cokelat yang biasa dimakan anak-anak
³         Narasumber menjelaskan alat-alat dalam pembuatan kreasi cokelat
³         Narasumber menjelaskan bahan-bahan dalam pembuatan kreasi cokelat
³         Narasumber menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan kreasi cokelat
³         Narasumber mempersilakan peserta untuk turut andil dalam praktek membuat aneka kreasi cokelat
³         Narasumber mempersilakan peserta untuk bertanya dan berdiskusi bersama.
20 menit
3.
Penutup:
³        Narasumber mengulas kembali cara membuat kreasi cokelat
³        Narasumber menghimbau untuk membuat sendiri cokelat bagi cemilan anak-anak mereka
³        Narasumber menyarankan kepada peserta untuk membuat kelompok usaha cokelat yang bernilai jual sehingga harapannya mampu menambah penghasilan tambahan bagi peserta (ibu-ibu) tersebut.
5 menit

K.   Sumber belajar
1.     Power point
2.     Alat dan bahan pembuatan kreasi cokelat.

L.    Penilaian
Observasi sejauh mana keaktifan atau antusiasme peserta selama kegiatan berlangsung. Penilaian dilakukan dengan evaluasi by process dan evaluasi by product. Berikut ini instrumen penialaiannya :
Aspek
Indikator
Evaluasi By Process
Pelaksanaan kegiatan / aktifitas belajar
Penggunaan metode dan media pembelajaran
Pemberian jenis tugas
Evaluasi By Product
Pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarga.
Mensikronkan kepentingan pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD untuk dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga.
Pengalaman baru bagi para orang tua dalam membuat kreasi makanan bergizi berbahan dasar cokelat.


Mengetahui,
Ketua PKBM Bina Mandiri Cipageran




( Aan Anasih Nawakarana, M.Pd )

Cimahi, 30 Maret 2016

Pelaksana Pembelajaran Parenting,




( Attike Kusmiyati )

 

Tidak ada komentar: